TK Islam Athirah Bukit Baruga Ciptakan LFH Ceria di Tengah Hujan Lebat Makassar

By Admin


MAKASSAR - Langit kelabu dan guyuran hujan lebat yang menyelimuti kota Makassar beberapa hari ini memaksa aktivitas belajar mengajar di TK Islam Athirah Bukit Baruga beralih ke ranah daring. Cuaca buruk yang berpotensi membahayakan perjalanan anak didik menjadi pertimbangan utama pihak sekolah untuk menerapkan Learning From Home (LFH) pada hari Selasa ini.

Namun, bukan berarti suasana belajar menjadi suram. Para guru TK Islam Athirah Bukit Baruga justru bersemangat untuk menghadirkan LFH yang ceria dan penuh kreativitas meski dilakukan dari rumah masing-masing.

Pagi hari dimulai dengan senam pagi virtual bersama. Tawa riang menggema meski anak didik mengikuti instruksi para guru dari layar laptop mereka. 

Suasana khidmat dilanjutkan dengan kegiatan Murajaah hafalan dan mengaji setiap kelompok KB, TK A dan B, dan didokumentasikan oleh ayah dan bunda yang sedang menemani anak didik belajar daring di rumah. Hal tersebut dilakukan agar menumbuhkan semangat religius para anak didik walaupun belajar di rumah.

Tak ketinggalan, hari ini diisi dengan beragam kegiatan pembelajaran interaktif. Yaitu membaca buku cerita bergambar yang sesuai dengan usia anak, dan menulis benda-benda yang ada di rumah sebanyak 5 kata. Sesi belajar mengenal huruf melalui kata dan angka pun menggugah rasa ingin tahu anak didik. 

"Meskipun cuaca tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah, komitmen kami terhadap pendidikan anak didik tidak pernah padam," ujar Sriwati, Guru TK Islam Athirah Bukit Baruga. 

"Melalui LFH, kami berupaya menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna, jauh dari kesan monoton," lanjutnya.

Kreativitas para guru menjadi kunci sukses LFH hari ini. Tugas-tugas ringan namun inovatif diberikan untuk menjaga semangat belajar anak didik. 

"Justru dalam kondisi seperti ini, hubungan antara anak didik dan orang tua semakin erat, orang tua turut berperan aktif mendampingi anak belajar dan menyelesaikan tugas-tugasnya," imbuh Sriwati.

TK Islam Athirah Bukit Baruga membuktikan bahwa cuaca buruk bukan halangan untuk terus belajar dan mengembangkan kreativitas. Semangat dan inovasi, LFH hari ini sukses menebar keceriaan dan ilmu baru bagi para anak didik, meski hanya bercengkrama melalui layar laptop masing-masing. (hen) 

Laporan: Marissa Julianti Suharto Putri, S.Pd.